Menu Close

Penyuluhan Program KKBPK bagi SKD

Kebonagung, 25 September 2019.
Dilaksanakan penyuluhan KKBPK Bertempat di Rumah Makan Sekar Asri Kecamatan Kebunagung. Pada pertemuan hari ini dihadiri oleh koordinator Balai Penyuluhan KB Kecamatan, Jatu Promonowati, S.sos dan PLKB, Kabid P2PP Dinpermades P2KB Bapak Sukardjo, SKM.,M.Kes, dan dihadiri ketua paguyuban PPKBD Bapak Krisnandar dan Sub PPKBD se Kecamatan Kebonagung.
Bu jatu pramonowati, S.Sos Selaku Koordinator Balai penyuluhan KB Kecamatan Kebonagung menyampaikan program KB akseptor untuk membantu PPKBD mencapai target MKJP, diusahakan untuk kader bisa menjelaskan ke akseptor tentang barbagai program KB seperti KB MKJP, Implan, IUD, MOW, MOP dan menjelaskan cara pemasangan serta kelebihan dan kekurangan dari KB MKJP tersebut.
Enam tolak ukur kenerja IMP; pertama pegorganisasian, kedua pertemuan, ketiga KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi) dan Konseling, keempat pencatatan dan pendataan, kelima pelayanan dan kegiatan keenam kemandirian. Pada kesempatan hari ini, disampaikan materi tentang peningkatan jumlah akseptor KB MKJP di wilayah Kecamatan Kebunagung, dan program KKBPK yaitu pendewasaan usia pernikahan.
Pak sukardjo menjelaskan tentang kepanjangan dari PPDKB yaitu Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa. Tugas SUB PPKBD melakukan pendekatan kepada masyarakat dalam bidang keluarga pengendalian penduduk. Bagi Sub PPKBD itu di usahakan untuk membantu PPKBD dan memberi informasi kepada akseptor, diusahakan akseptor yang baru melahirkan ataupun yang belum KB. Di usahakan untuk Sub PPKBD memiliki RI PUS.

 

Penyampaian Materi

 

Penulis : Subroto, S.Kep, Ners dan Xselsa Widya Allatry, S.Tr.Keb (PLKB Kecamatan Kebunagung )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *